HALAMAN PENGESAHAN
Telah disahkan dan disetujui :
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR PERKOPERASIAN
KOPERASI MAHASISWA IST AKPRIND
Dan
KOPERASI MAHASISWA STTA
Serta
KOPERASI MAHASISWA STIKMA
DESEMBER 2010
Yogyakarta,19 Desember 2010
|
|
Menyetujui dan Mengesahkan
| Kabid PSDA KOPMA IST AKPRIND Dwiyatno | Kabid PSDA KOPMA STTA Aljan Tabadila | Kabid PSDA KOPMA STIKMA Dian Rahmawati |
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Segala puji dan sanjungan kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Dzat Yang Maha Suci dan Maha Bersih, yang mengajarkan kepada Nabi-Nya kesucian dan kebersihan, sehingga ajaran-Nya sampai kepada umat manusia. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kekepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang menjaga dan menetapi ajarannya dengan baik sampai hari kiamat.
Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, DAN KOPMA STIKMA merupakan kewajiban yang harus diselesaikan dan disampaikan kepada pengurus KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, DAN KOPMA STIKMA sebagai wujud pertanggungjawaban tugas dan kewajiban panitia pelaksanaan acara ini.
Laporan ini berusaha memaparkan selengkap mungkin aktivitas kepanitiaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dalam rapat-rapat awal persiapan pelaksanaan DIKLATSARKOP.
Pada kesempatan ini, kami atas nama seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu menyukseskan acara Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, DAN KOPMA STIKMA.
Akhir kata segala kritik dan saran yang membangun sangat di harapkan demi perbaikan laporan ini sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu kerangka acuan untuk menyelenggarakan kegiatan ini di masa mendatang.
Wassalamualaikum Wr Wb
Yogyakarta, 19 Desember 2010
Panitia Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian Koperasi Mahasiswa KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, DAN KOPMA STIKMA
PROPOSAL DIKLATSARKOP
KOPMA ISTA, STTA dan STIKMA
YOGYAKARTA
PENDAHULUAN
Koperasi adalah suatu aktifitas perekonomian yang memegang peran penting dalam perekonoian yang memegang peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Sampai saat ini koperasi sebagai lembaga yang berasaskan nilai – nilai kekeluargaan masih dipandang mampu menjadi pengayom rakyat kecil.
Melihat persaingan-persaingan kerja yang saat ini semakin kompetitif, terlebih di era global ini dengan kemungkinan seorang sarjana dengan bekal title dan bahkan dengan predikat mahasiswa terbaik dari universitas meupun perguruan tinggi lainnya harus menerima gelar cuma-cuma yaitu sebagai “pengangguran”. Fenomena ini sangat ironis bagi generasi muda saat ini. Dimana biaya hidup semakin tinggi dan semakin susahnya mempertahankan hidup.
Untuk menjaga citra tersebut KOPMA IST AKPRIND dan AMA-STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA sebagai salah satu lembaga pengkaderan yang diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dan melakukan perkembangan-perkembangan demi terciptanya pembangunan perekonomian bangsa.
Oleh karena itu sebagai perwujudan dari upaya peningkatankualitas SDM dalam bidang perkoperasian, maka KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA dan AMA-STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA akan mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian ( DIKLATSARKOP ) yang bertujuan untuk menciptakan kader-kader yang secara optimal serta untuk monongkan kemampuan manajemen sehingga dapat terlaksananya prinsip-prinsip koperasi. Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kader koperasi dala rangka mendorong kemajuan pergerakan perekonomian di Indonesia.
Semoga kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat dalam mewujudkan eratnya tali silaturahmi antar sesama KOPMA dan merupakan bagian dari wujud ibadah kita bagi Allah SWT serta selalu mendapat ridho-Nya.
LANDASAN
Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian ini memiliki beberapa landasan yaitu sebagai berikut :
1. Program kerja pengurus KOPMA IST AKPRIND, STTA dan KOPMA AMA-STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA periode 2010/2011
2. Prinsip Koperasi
3. AD/ART KOPMA
TEMA KEGIATAN
“Dengan Diklatsarkop, Kita Tunjukkan Integritas Berkoperasi Guna Mewujudkan Revolusi Intelektual Enterpreneurships.”
TUJUAN
1. Memperoleh pengetahuan yang komperhensif tentang strategi dan teknik pengembangan koperasi khususnya pada mahasiswa.
2. Melakukan kaderisasi KOPMA
3. Menciptakan anggota yang professional
4. Menanamkan ideologi pada diri anggota
5. Menumbuhkan jiwa perkoperasian pada anggota.
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini dilaksanakan pada :
Hari : Sabtu – Minggu
Tanggal : 27– 28 November 2010
Tempat : “Youth Center”, Sleman , Yogyakarta
SUSUNAN ACARA
( Terlampir )
SUSUNAN PANITIA
( Terlampir )
ANGGARAN BIAYA
( Terlampir )
PENUTUP
Demikian proposal ini kami ajukan, besar harapan kami agar semua pihak dapat bekerja sama dan berpartisipasi untuk terlaksananya kegiatan ini sebagaimana mestinya dan semoga seluruh acara dapat terlaksana dengan lancer sesuai dengan tujuan dan harapan kita semua.
Yogyakarta, Oktober 2010
SUSUNAN PANITIA DIKLATSARKOP
KOPMA IST AKPRIND,KOPMA STTA DAN KOPMA STIKMA YOGYAKARTA
Ketua : Sujo Purwono ( IST AKPRIND )
Wakil Ketua : Akbar Maulana Tirta ( STTA )
Sekretaris : 1. Ernawati ( STIKMA )
2. Dede Nurwahidah ( ISTA AKPRIND )
3. Dwi Prasetya Amrizal ( STTA )
Bendahara : Aljan Tabadila ( STTA )
Sie Acara : 1. Deny ( STTA )
Sie Acara : 1. Deny ( STTA )
2. Istiqomah ( STIKMA )
3. Fera Andriyani ( ISTI AKPRIND )
Sie Humas : 1. Febriardy F Hanif ( STTA )
2. Norma Hakiki ( STIKMA )
3. Ely Oktafiani ( IST AKPRIND )
Sie PDD : 1. Wawan Kurniawan ( STTA )
2. Ni’mah Arif Wati ( IST AKPRIND )
3. Ana Sismiyati ( STIKMA )
Sie Perkap : 1. Zhulfa Arif Hidayat ( STTA )
2. Rifdan Muntaqi ( STTA )
3. Retno Eka Wati ( IST AKPRIND )
Sie Konsumsi : 1. Ria Wilam Sari ( STIKMA )
2. Siti Rokanah ( IST AKPRIND )
3. Widiya Anggraeni ( STTA )
Sie.Transport,Humas : 1. Muhammad Zaenal ( STTA )
2. Rezawan M ( IST AKPRIND )
3. Pratiwi Wijayanti ( STIKMA )
Sie.Keamanan : Dwi Prasetyo ( STTA )
Sie.P3K : Dian Rahmawati ( STIKMA
SUSUNAN ACARA DIKLATSARKOP
KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA DAN KOPMA STIKMA YOGYAKARTA
Sabtu, 27 November 2010
| Waktu | Kegiatan |
| 06.30 - 07.00 | Berkumpul Dan absensi anggota |
| 07.00 - 08.00 | Perjalanan ke lokasi |
| 08.00 - 08.30 | Pembagian kamar dan persiapan |
| 08.30 - 09.30 | Pembukaan |
| 09.30 - 10.15 | Perkenalan kontrak belajar dan dinamika kelompok |
| 10.15 - 11.15 | Materi perkenalan koperasi |
| 11.15 - 12.15 | ISHOMA |
| 12.15 - 12.30 | Persiapan materi |
| 12.30 - 13.30 | Materi enterpreneurship |
| 13.30 - 14.30 | Materi berani berbicara |
| 14.30 - 15.15 | ISHO |
| 15.15 - 16.45 | Materi peran serta anggota |
| 16.45 - 18.45 | ISHOMA dan bersih diri |
| 18.45 - 19.10 | Persiapan api unggun dan pensi |
| 19.30 - 22.00 | Api unggun dan pensi |
| 22.00 - 04.00 | Sleep in the bed |
| | |
| Minggu, 28 november 2010 | |
| Waktu | Kegiatan |
| 04.00 - 05.00 | Wake up dan Sholat subuh |
| 05.00 - 05.30 | Kebugaran jasmani |
| 05.30 - 07.00 | Breakfast dan bersih diri |
| 07.00 - 07.15 | Persiapan materi |
| 07.15 - 08.45 | Materi kopma kita |
| 08.45 - 09.30 | Sosialisasi HKMY dan FKKMI |
| 09.30 - 13.00 | Out bond |
| 13.00 - 15.00 | Penutupan |
| 15.00 - selesai | Go home |
ANGGARAN DANA
1. PENGELUARAN
Sekretaris
a. Kertas 1 Rim Rp 30.000
b. Tinta Rp 30.000
c. Print Rp. 30.000
d. Penjilidan
- Proposal 18 x @ 5000 Rp 90.000
- LPJ 10 x @ 5000 Rp 50.000
e. Foto Copy
- Proposal 18 x @ 5000 Rp 90.000
- LPJ 10 x @ 10.000 Rp 100.000
f. Stempel Rp 30.000
Jumlah Rp 450.000
Konsumsi
a. Makan peserta dan panitia
4 x @ 5000 x 130 Rp 2.600.000
b. Snack peserta dan panitia
2 x @ 2000 x 130 Rp 520.000
c. Coffe break Rp 150.000
d. Aqua dan lain-lain Rp 100.000
Jumlah / Rp 3.370.000
PDD
a. Blocknote
100 x @ 5.000 Rp 300.000
b. Stiker
150 x @ 500 Rp 100.000
c. Pamflet
15 x @ 5.000 Rp 30.000
d. Poster
@ 20.000 x (1x3) = 3m Rp 60.000
e. Backdrop
@ 75.000 x (2x3) = 6m Rp 150.000
f. Sertifikat
100 x @ 3.000 Rp 300.000
g. DVD
3 x @ 6000 Rp 18.000
h. Co –Card panitia + peserta
Jumlah Rp 1.258.000
Perkap
a. LCD, Screen 2 buah Rp 250.000
b. Handycam+Camera Rp 100.000
c. Spidol+Penghapus Rp 15.000
d. Sewa Gedung ( aula, kamar ) Rp 1.800.000
e. Sewa Bus
2 x @ Rp 500.000 Rp 1.000.000
f. Survey Rp 100.000
g. Batere Rp 50.000
h.
Chok-T (colokan 3 kaki) Rp 10.000
Jumlah Rp 3.325.000
Acara
a. Spidol 6 x @ Rp 5.000 Rp 30.000
b. Tali raffia Rp 10.000
c. Kertas karton 4 x @ Rp 1.000 Rp 4.000
d. Kertas kecil 100 lembar Rp 1.000
e. Lem 4 x @ Rp 1.000 Rp 4.000
f. Steples 4 x @ Rp 3.500 Rp 14.000
g. Isi steples 5 x @ Rp 2.000 Rp 10.000
h. Api Unggun Rp 30.000
a. Kayu Bakar
b. Minyak Tanah
i. Fotocopy Rp 20.000
j. Pemateri Rp 120.000
k. Biaya Door Prize Rp 30.000
l. Biaya Lain-lain Rp 100.000
Jumlah Rp 373.000
TOTAL Rp 8.776.000
2. PEMASUKAN
Kontribusi Peserta Rp 4.500.000
Subsidi Kampus IST Akprind Rp 500.000
Subsidi Kampus STTA Rp 500.000
Subsidi Kampus STIKMA Rp 500.000
TOTAL Rp 6.000.000
Kekurangan dana Rp 2.776.000
LAPORAN UMUM
PENDAHULUAN
Syukur Alhamdulillah, segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahamat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita masih diberikan harta yang tak ternilai harganya yakni kesehatan. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.
Koperasi Mahasiswa ( KOPMA ) merupakan sebuah lembaga Independent mahasiswa. Pada kepengurusan periode akademik 2010-2011 kami telah melakukan perekrutan anggota baru dan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan dalam menjangkau semua lapisan. Setelah itu kami melakukan seleksi calon anggota baru berdasarkan kriteria yang telah kami tentukan. Dari seleksi calon anggota yang telah terpilih beberapa orang dan mereka diwajibkan untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian.
Pelaksanaan Pendidikan ini wajib bagi anggota koperasi mahasiswa yang telah ditetapkan dalam program kerja yaitu mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian ( DIKLATSARKOP ) yang bertujuan untuk menciptakan kader secara optimal yang pelaksanaannya dilakukan di Outdoor supaya para peserta bisa lebih berkonsentrasi karena acara ini merupakan modal dasar bagi anggota. Pendidikan perkoperasian adalah kegiatan untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan untuk terlaksananya prinsip-prinsip koperasi, maka penting sekali anggota koperasi ditingkatkan pemahaman, kesadaran, dan ketramplannya melalui pendidikan ini.
Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA merupakan kewajiban yang harus diselesaikan dan disampaikan kepada pengurus KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA sebagai wujud pertanggungjawaban tugas dan kewajiban panitia pelaksana acara ini.
Laporan ini berusaha memaparkan selengkap mungkin aktivitas kepanitiaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dalam rapat-rapat awal persiapan pelaksanaan DIKLATSARKOP.
Pada kesempatan ini, kami atas nama seluruh panitia pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta menyukseskan acara Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perkoperasian KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA
Semoga kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan ynag sangat bermanfaat dalam mewujudkan eratnya tali silaturahmi antar sesame KOPMA dan merupakan bagian dari wujud ibadah kita kepada Allah SWT serta selalu mendapat ridho-Nya.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KETUA
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, DAN KOPMA STIKMA
A. PENDAHULUAN
Segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita semua. Banyak yang dilimpahkan-Nya pada kita semua. Nikmat kesehatan sehingga kita bias melaksanakan kegiatan dengan sukses.
Pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan Dasar Perkoperasian ( DIKLATSARKOP ) kerjasama antara tiga KOPMA, yaitu KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA terselenggara karena kesamaan visi dan misi untuk membawa KOPMA karah yang lebih maju, dan bisa sejajar dikalangan KOPMA se-DIY. Adapun susunan kepanitiaan untuk pelaksanaan acara tersebut diminta agar mengirimkan delegasi dari tiap-tiap instansi sesuai dengan kemampuan dalam kepanitiaan, sehingga acara DIKLATSARKOP berjalan dengan lancar.
B. RENCANA KERJA DAN PERSIAPAN
Sebelum pelaksanaan DIKLATSARKOP masing-masing panitia mengadakan rapat bersama yang tempatnya berganti-ganti baik di KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar panitia. Dari pertemuan itu menghasilkan beberapa gagasan sehingga pelaksanaan DIKLATSARKOP berjalan sesuai dengan apa yang diharapakan.
C. PARAMETER KEBERHASILAN
Alhamdulillah walapun terhitung banyak halangan yang dihadapi namun acara diklatsarkop berjalan dengan baik. Namun persiapan yang kurang matang juga bisa mempengaruhi kelangsungan acara DIKLATSARKOP tersebut.
D. PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Waktu Pelaksanaan
DIKLATSARKOP dilaksanakan pada tanggal 27-28 November 2010 di Gedung Pemuda, Ambarbinangun, Bantul, Yogyakarta.
2. Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan DIKLATSARKOP itu sendiri tergabung antara 3 KOPMA . yaitu KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA dengan jumlah 32 peserta.
3. Pelaksanaan masing-masig seksi dan jalannya acara
Didalam kepanitiaan DIKLATSARKOP ini ada beberapa seksi demi kelancaran acara tersebut. Diantaranya : Sie Acara, Sie PDD, Sie Konsumsi, Sie Humas , Sie Perkap dan dibantu oleh tiga Sekretaris dan dua Bendahara.
Pelaksanaan Kinerja masing-masing seksi telah sesuai dengan jalur pelaksanaan masing-masing sie, dalam kekurangan itu kita menuju kesempurnaan.
E. EVALUASI
Dalam pelaksanaan DIKLATSARKOP kerjasama antar KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, dan KOPMA STIKMA terdapat beberapa kekurangan. Namun kekurangan ini dapat menjadi tolak ukur pelaksanaan DIKLATSARKOP mendatang. Kekurangan itu adalah :
1. Kurangnya konfirmasi antara masing-masing panitia, dikarenakan sulitnya menyatukan jadwal kuliah dari masing-masing kampus.
2. Kurang pahamnya tugas dari kepanitiaan itu sendiri.
F. SARAN DAN PENUTUP
Tidak banyak yang saya ukir dalam saran dan penutup ini. Apa yang telah kita perbuat data ini tidak akan sempurna tanpa kerjasama yang bagus dari setiap apa yang kita lakukan. Cuma mengenang nama kerjasamalah kita bisa hidup diantara perbedaan-perbedaan yang kita temukan.
Sepatutnya kita berterimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan melaksanakan DIKLATSARKOP dengan lancar dan terima kasih atas kerjasama teman-teman dalam pelaksanaan DIKLATSARKOP ini.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKRETARIS
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND, KOPMA STTA, DAN KOPMA STIKMA
Tugas Sekretaris dalam acara DIKLATSARKOP antara lain :
1. Mencatat semua hasil rapat
2. Membuat dan menggandakan proposal
3. Membuat surat-surat
4. Membuat daftar hadir peserta
5. Membuat biodata peserta dan panitia
6. Membuat Laporan Pertanggungjawaban
Adapun hasil Rapat Panitia DILATSARKOP tersebut adalah sebagai berikut :
Tanggal :9 Oktober 2010
Tempat :KOPMA IST AKPRIND
· Susunan Kepanitiaan Diksar
| No | Nama | Jabatan | Kopma |
| 1 | Sujo Purwono | Ketua | IST AKPRIND |
| 2 | Akbar Maulana Tirta | Wakil Ketua | STTA |
| 3 | Ernawati | Sekretaris | STIKMA |
| 4 | Dede Nurwahidah | Sekretaris | IST AKPRIND |
| 5 | Dwi Prasetya Amrizal | Sekretaris | STTA |
| 6 | Fenty | Bendahara | STIKMA |
| 7 | Aljan Tabadila | Bendahara | STTA |
| 8 | Deny | Sie Acara | STTA |
| 9 | Istiqomah | Sie Acara | STIKMA |
| 10 | Nurjanah | Sie Acara | STIKMA |
| 11 | Fera Andriyani | Sie Acara | IST AKPRIND |
| 12 | Febriardy F Hanif | Sie Humas | STTA |
| 13 | Norma Hakiki | Sie Humas | STIKMA |
| 14 | Ely Oktafiani | Sie Humas | IST AKPRIND |
| 15 | Wawan Kurniawan | Sie PDD | STTA |
| 16 | Ni’mah Arif Wati | Sie PDD | IST AKPRIND |
| 17 | Zhulfa Arif Hidayat | Sie Perkap | STTA |
| 18 | Rifdan Muntaqi | Sie Perkap | STTA |
| 19 | Oscar | Sie Perkap | STTA |
| 20 | Retno Eko Wati | Sie Perkap | IST AKPRIND |
| 21 | Ria Wilam Sari | Sie Konsumsi | STIKMA |
| 22 | Siti Rokanah | Sie Konsumsi | IST AKPRIND |
| 23 | Muhammad Zaenal | Sie.Transport,Humas | STTA |
| 24 | Rezawan M | Sie.Transport,Humas | IST AKPRIND |
| 25 | Pratiwi Wijayanti | Sie.Transport,Humas | STIKMA |
| 26 | Dwi Prasetyo | Sie.Keamanan | STTA |
| 27 | Dian Rahmawati | Sie.P3K | STIKMA |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
· Penentuan Tema
DENGAN DIKLAT SARKOP KITA TUNJUKKAN INTEGRITAS BERKOPERASI GUNA MEWUJUDKAN REVOLUSI INTELEKTUAL ENTERPRENEURSHIP
· Opsi Lokasi Diksar
1. Ambarbinangun
2. Kaliurang
Tanggal :13 Oktober 2010
Tempat : KOPMA STIKMA
· Seksi Tempat Transportasi:
Opsi tempat
1. Kulonprogo kecamatan Menorah
2. Ambarbinangun
3. Daerah Prambanan
4. Kali urang
· PDD
1. Logo stempel
2. Kamera /handycam
3. Pamflet
4. Stiker
5. Blocknote
6. Backdrop
7. Sertifikat
8. Co card (panitia+anggota)
9. CD
10. Baju Panitia
· Humas
Sponsor
Kedaulatan Rakyat, Harjo, Jogja TV, Ta TV, Geronimo, Suara Gama FM, Ista kalisa, Sosro, Toko Merah,Angkasa Pura, Duta Foto, Warung Makan, Indosat,
Kepatihan, Pemda DIY, Disperindagkop, Lapenkop, Cocacola.
· Sie. Acara
1. Garis besar acara
2. Pemateri
Materi
- Perkenalan Perkoperasian
- Berani berbicara
- Peran serta Anggota
- Materi masing-masing kopma
3. Outbond
List Dana untuk acara
| Hadiah Outbond | | | 30.000 | |
| Perlengkapan Outbond | | 25.000 | ||
| Api Unggun | | | 30.000 | |
| | Kayu Bakar | | | |
| | Minyak Tanah | | | |
| Kenang-kenangan buat pemateri | 50.000 | |||
| Lain-lain | | | | 15.000 |
| Jumlah | | | | 150.000 |
· Bendahara
- Menerima dari iuran masing-masing KOPMA Rp. 150.000.00
· Sie Konsumsi
- Untuk sementara pengeluaran untuk konsumsi perkiraan sebesar Rp. 3.380.000.00
Rapat Selanjutnya Kamis 20 Oktober 2010
Tanggal :20 Oktober 2010
Tempat :KOPMA STTA
· Sie Acara
1. Materi berani bicara (belum ada)
2. Run dawn
3. Materi peran serta anggota
4. Tentang PIC (belum fix)
5. Masing masing kopma mempersiapkan untuk pemilihan anggota yang aktif dari masing masing kopma
· Sie tempat:
1. Kulonprogo kecamatan Menorah
2. Ambarbinangun
- harga per bad Rp. 4.000,00
- Aula Rp. 100.000.00
- Konsumsi
- Membayar kebersihan dan keamanan Rp. 100.000,00
- Dengan dana total kurang lebihnya Rp. 2.000.000,00
3. Youth Center
- Aula AC Rp. 300.000,00 / hari
- Kelas AC Rp. 150.000,00 / 40 kursi
- Kelas Biasa Rp. 75.000 / 40 kursi
- Hotstel Rp. 7.000,00 / orang
- Barak Rp. 5.000 / orang
- Lapangan Rp. 1.000 / orang
- Dengan dana total kurang lebihnya Rp. 3.000.000,00
4. Kali urang
Dari hasil survey di dapatkan hasil akhirnya untuk tempat di “Ambarbinangun”
Perkiraan Anggaran Dana peserta 100 Orang
| Sie konsumsi | | 3.060.000 | |
| Sie PDD | | | 953.000 |
| Sie Perkap | | 400.000 | |
| P3K | | | 50.000 |
| Sie HUMAS | | 100.000 | |
| Sie Tempat | | 950.000 | |
| Transportasi | | 900.000 | |
| Kesekretariatan | | 400.000 | |
| Sie Acara | | | 200.000 |
| | | | 7.013.000 |
| Pemasukan KOPMA | | 1.500.000 | |
| | | | 5.513.000 |
Beban Peserta Akhir =Rp. 3.500.000,00
Beban Mencari Sponsor =Rp. 2.000.000,00
Rapat Selanjutnya 22 Oktober 2010 di KOPMA IST AKPRIND
Tanggal :22 Oktober 2010
Tempat :KOPMA IST AKPRIND
Sie.Humas
Rencana penyebaran proposal mulai hari senin.
· Sie.Tempat
1. Fix Ambarbinangun:
2.Dana 1.360.000 DP 50.000
3.Utk makan bisa pesan di dalam
4.Snack dr luar.
· Pembagian Penyebar Proposal
1. KR : Hanif
2. Jogja TV : Hanif
3. Harjo : Hanif
4. TA TV : Akbar
5. Geronimo : Hanif
6. Jogja Group : Roby
7. ISTA KALISA : Sujo
8. Sosro : Sujo+Ria
9. Toko Merah : Dede+Ni’mah
10. Angkasa Pura : Roby
11. Duta Foto : Dede
12. Warung Makan : Norma
13. Indosat : Akbar
14. Kepatihan : Norma
15. Pemda DIY
16. Desperindakop : Erna
17. LAPENKOP : propsal permintaan pemateri+undangan:Norma
18. Coca Cola : Roby
19. Qanat : Sujo
20. Metro TV : Akbar
21. Indosiar : Rifdan
22. Kedai Digital : Akbar
23. Bank Bukopin : Roby
24.CIS catering Ibu Supardi : Norma
· Sie.Acara
- Games outbond:
Ø Jaring laba2
· Standar materi:
1 .pengantar pemahaman koperasi
- sejarah perkembangan kopersi
- makna kerjasama dalam koperasi
2. identitas koperasi
- definisi koperasi
- nilai" koperasi
- prinsip koperasi
- jenis koperasi
- Perbedaan koperasi dan badan usaha lain
3. standar baku krikulum pendidikan dasar perkoperasian
- perkembangan koperasi>> R Wira atmaja 1974
- pengetahuan sejarah perkembangan koperasi secara umum
4. Surat peminjaman viewer handycam kamera tripod to kejur TF
5. Pembuatan surat peminjaman bis stikma
· Sie.PDD
- Pembuatan sertifikat menggunakan printer sendiri dan kertas beli sndiri
Ø Proposal bikin 2: utk instansi menggunakan prop kegiatan,
Ø sponsor menggunakan prop sponsorship
Ø Pembuatan surat ketua BPU
Ø Dan batas pembayaran 1 minggu sebelum acara
Next: pembahasan pembekalan penyaranan bagaimana cara pengajuan proposal
Hari rabu tanggal 27 oktober 2010, 16.30 di STTA
Ø Surat permohonan bantuan; kampus, lapenkop, disperindakop, pemda, kepatihan
Ø Surat untuk lapenkop dan disperindagkop, pemda,dan kepatihan harus lengkap tanpa tanda tangan BEM
Ø Kampus menggunakan BEM
Tanggal :18 November 2010
Tempat :KOPMA IST AKPRIND
· Sie Acara
- Masih 2 pemateri yang belum fiks
· Proposal Sponsorship
1. Metro TV (tidak bisa)
2. Djarum (belum)
3. Indosat (belum)
4. Indosiar (tidak bisa)
5. Jogja TV
6. Harian Jogja (bisa, minta surat permohonan peliputan)
7. KR (belum bisa)
8. Bukopin (belum)
9. Angkasa Pura (menunggu)
10. Jogja Group (belum ada balasan)
11. Coca cola (belum)
12. Duta Foto (tidak bisa)
13. Toko Merah (konfirmasi 26 November)
14. Qanat (belum)
15. Rumah Makan Padang (10 Voucher)
Ø Dana Sponsor Rp. 100.000
· Sie Perkap
1. Surat Peminjaman
2. Peralatan Outbond dari acara
3. Printer,gallon,dispenser,kamera,toa,megaphone èISTA
4. kamera,handicamp,proyektor èSTTA
5. kamera,laptop,megaphone èSTIKMA
6. DVD (4), lampu
· Sie PDD
- pamflet (selesai)
Ø Kontribusi peserta Rp. 45.000
Rapat selanjutnya selasa jm 14.30 di IST AKPRIND
23 November 2010
· Undangan
1. Mas Niwa : Berani Berbicara
2. Mas Aziz : Enterpreneurship
3. Mas Johan :Peran Serta Anggota
4. Mas Yoni :Peran Serta Anggota
5. Pembina masing-masing kopma
6. Kopma masing-masing
· Outbond
1. Memindahkan Bom èZhulfa+Zaenal
2. Bola Berjalan èErna+Rifdan
3. Baju Berantai èHanif+Ely
4. Jaring laba-laba èRetno+Tyo+Roby
5. Bermain Pesan èFera+Oscar
6. Memindahkan Bola èNi’mah+Aljan
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BENDAHARA
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND,STTA DAN STIKMA
Pemasukan
Subsidi Kopma STTA : Rp. 700.000,00
Subsidi Kopma ISTA : Rp. 700.000,00
Subsidi Kopma STIKMA : Rp. 700.000,00
Subsidi Kepatihan : Rp. 1.000.000,00
Sponsor Supardi : Rp. 50.000,00
Sponsor RM Cak Ali : Rp. 20.000,00
Sponsor Warnet 3A : Rp. 50.000,00
Sponsor White Board Product : Rp. 100.000,00
Sponsor Brawijaya Batik : Rp. 50.000,00
Sponsor Caterine Clothing : Rp. 50.000,00
Sponsor Toko Merah : Rp. 100.000,00
Kontribusi
Peserta Kopma STTA : Rp. 495.000,00
Peserta Kopma ISTA : Rp. 495.000,00
Peserta Kopma STIKMA : Rp. 585.000,00 +
Total Pemasukan Rp. 5.095.000,00
Total Pengeluaran Rp.
Daftar Catatan Pengeluaran Keuangan
Kesekretariatan
- Penjilidan LPJ dan Proposal : Rp. 110.500,00
- Pembelian Kertas : Rp. 24.800,00
- Amplop 33 x @300 : Rp. 9.900,00
- Fotocopy LPJ dan Proposal : Rp. 230.000,00
- Print warna/hitam putih : Rp. 80.000,00
- Lem (konko glue) : Rp. 3.200,00
- Kertas pelangi : Rp. 1.800,00
Materai 2 x @6.500 : Rp. 7.000,00 +- Jumlah Rp. 467.200,00
Humas
- Pengeluaran Humas Transport : Rp. 50.000,00
- Sewa Bus Aspada : Rp. 350.000,00
- Sewa Bus Kampus : Rp. 75.000,00 +
Jumlah Rp. 475.000,00
Tempat
- Sewa Pondok Pemuda Ambarbinangun : Rp. 480.000,00
Perkap
Perlengkapan :
· Marmer (plakat) 2 buah @Rp. 40.000 : Rp. 80.000,00
· Tinta blue print black 100ml : Rp. 30.000,00
· Baterai ABC kecil 1set : Rp. 5.400,00
· Print gambar @Rp. 2.000 : Rp. 4.000,00
· Online : Rp. 1.500,00
· Isi ulang air : Rp. 4.000,00
· Transport bensin : Rp. 10.000,00
· Kayu bakar @Rp. 5.000 : Rp. 40.000,00
· Minyak tanah : Rp. 10.000,00
· Penghapus 2 buah @Rp. 2.000 : Rp. 4.000,00
· DVD 4 keping @Rp. 1.800 : Rp. 7.200,00
· Bola pingpong 5 @Rp. 3.000 : Rp. 15.000,00
· Tinta spidol : Rp. 9.600,00
· Snowman @Rp. 4.800 : Rp. 14.400,00
· Kertas plano buram 21 lembar : Rp. 9.500,00
· Snowman kecil 6 @Rp. 800 : Rp. 4.800,00
· Lem glukol kecil 6 @Rp. 600 : Rp. 3.600,00
· K B C muda 2 lembar @Rp. 1.300 : Rp. 2.600,00
· Kertas asturo gradasi 21 lembar @Rp. 2.000 : Rp. 52.000,00
·
Amplop merpati kecil 1pak : Rp. 4.500,00 +
Jumlah Rp. 312.100,00
Jumlah
PDD
- NK / AP 150 12 x @4.000 : Rp. 48.000,00
- OD / H2O 4K 1 set : Rp. 120.000,00
- Keling : Rp. 5.000,00
- LV 260 2x @4.500 : Rp. 9.000,00
- Cromo : Rp. 36.000,00
- Pembuatan Bloknote : Rp. 160.000,00
- Sampul : Rp. 75.000,00
- Stempel : Rp. 25.000,00
- Plastik id card 30 x @5.00 : Rp. 15.000,00
- 1 rol tali kar biru tua : Rp. 4.500,00
- 4 M tali kar biru tua : Rp. 1.600,00
- 4 set peniti 13 x @600 : Rp. 2.400,00
- 2 penghapus w.b deluxe : Rp. 4.000,00
Pembelian kertas sertifikat :Rp. 31.000,00 +- Jumlah Rp. 563.700,00
Konsumsi
- Makan
- I = 75 x @4.500 : Rp. 337.500,00
- II = 65 x @5.500 : Rp. 337.500,00
- III = 65 x @4.500 : Rp. 292.000,00
-
IV = 70 x @4.500 : Rp. 315.000,00 +
: Rp. 1.302.500,00
- Snack
- Peserta & Panitia
67 x @2.000 : Rp. 134.000,00
- Pembicara & Undangan
: Rp. 166.200,00
· Air minum
- Galon = 5 x @4.500 : Rp. 20.000,00
- Gelas : Rp. 11.500,00
-
Botol = 11 x @2.000 : Rp. 22.000,00 +
: Rp. 53.500,00
·
Tisu = 2 x @3.750 : Rp. 7.500,00 +
Jumlah Rp. 1.529.700,00
P3K
· Perlengkapan obat-obatan : Rp. 25.400,00
REKAPITULASI DANA
· KESEKRETARIATAN : Rp. 467.200,00
· SEKSI HUMAS : Rp. 475.000,00
· SEKSI TEMPAT : Rp. 480.000,00
· SEKSI PDD : Rp. 563.700,00
· SEKSI PERKAP
· SEKSI KONSUMSI : Rp. 1.529.700,00
·
P3K : Rp. 24.400,00 +
· JUMLAH Rp.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI ACARA
DIKLATSARKOP KOPMA ISTAKPRIND, STTA DAN STIKMA
1. Pendahuluan
Kami sebagai seksi acara memberitahukan laporan dari kegiatan diklatsarkop tersebut.
Kami seksi acara terdiri dari empat orang anggota yaitu :
1. Fera Andriyani ( Kopma IST AKPRIND )
2. Istiqomah ( Kopma STIKMA )
3. Nurjanah ( Kopma STIKMA )
4. Deny ( Kopma STTA )
Tugas Seksi Acara :
Ø Menyusun manual acara
Ø Menghubungi pemateri
Adapun pembagian tugasnya sbb:
u Kegiatan menyusun manual acara dilakukan oleh semua seksi
u Tugas part timer oleh semua seksi acara
2. Realisasi Jobdesk
a. Pra hari H
Sebelum hari pelaksanaan kegiatan diklatsarkop seksi acara dengan panitia lain mengadakan rapat yang diselenggarakan secara bergantian di basecamp kopma STIKMA, kopma STTA dan kopma IST Akprind guna menyusun kegiatan acara diklatsarkop dan memfiksasikan barang – barang apa saja yang diperlukan dalam pelaksanaan tersebut.
Sehari sebelum pelaksanaan seksi acara melakukan technical meeting dengan seluruh peserta diklatsarkop dimasing – masing kopma. Dalam technical meeting tersebut peserta diklatsarkop diwajibkan membaca :
1) Perlengkapan pribadi meliputi
· Perlengkapan ibadah
· Perlengkapan MCK
· Perlengkapan makan
2) Lilin 2 buah
3) Obat pribadi bagi yang memilki gangguan fisik
4) Alat tulis
5) Pakaian dan sepatu olahraga
6) Slayer
7) Kado non – snack seharga Rp 5.000,-
8) Membawa Makalah Riwayat Hidup
b. Hari H
Sebelum pemberangkatan seksi acara dibantu panitia yang lain mengkondisikan peserta diklatsarkop dimasing – masing kopma dengan mengabsensi. Proses pemberamgkatan menuju Griya Pemuda Ambarbinangun yang berlokasi di Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul menggunakan dua bus, dimana bus pertama dipusatkan di kampus Ama – Stikes Surya Global dan bus yang lainnya dipusatkan di kampus STTA dan setelah itu ke kampus IST Akprind.
Setelah seluruh peserta tiba di Griya Pemuda Ambarbinangun seksi acara di bantu panitia lain mulaiu mempersiapkan upacara pembukaan. Upacara pembukaan dilakukan pukul 08.30 – 09.30 wib didahului dengan mengucapkan lafal tasmiyah yang dilanjutkan dengan sambutan – sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia ( Sujo Purwono ), sambutan selanjutnya disampaikan oleh ketua umum kopma IST AKPRIND ( Sultoni Mujahidin ) sambutan selanjutnya disampaikan oleh ketua umum kopma STTA ( Akbar Maulana Tirta) dan sambutan dari ketua umum kopma STIKMA (Julaikah) sambutan yang terakhir oleh Pembina kopma IST Akprind (Ir. Saiful Huda,M.T) sekaligus membuka acara kegiatan diklatsarkop kopma IST Akprind, Kopma STTA dan Kopma STIKMA
Acara selanjutnya adalah Dinamika Kelompok sekaligus perkenalan peserta dan panitia serta pembagian kelompok. Setelah selesai acara tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi – materi. Dalam setiap pemberian materi seluruh peserta diklatsarkop dibagi menjadi satu kelas,kelas A dan kelas B untuk yang dua kelas. Materi pertama bertema pengenalan koperasi. Acara ini berlangsung dari pukul 10.15– 11.45 wib. Yang diisi oleh Mas Warsis dari Lapenkop. Selesai materi pertama acara selanjutnya ISHOMA.
Setelah ISHOMA selesai seksi acara mengkondisikan seluruh peserta diklatsrkop unruk mengikuti materi kedua bertemakan entrepreneurship dari pukul 12.45-14.15 yang di isi oleh mas Aziz dari Lapenkop. Pukul 14.15-15.45 untuk materi Berani Berbicara yang diisi oleh Mas Rahmat Niwa. 15.45 wib acara pemberian materi ketiga selesai dan acara selanjutnya ISHO. Pemberian materi terakhir dimulai pada pukul 16.00 – 17.30 wib. Di ruang kelas A diisi oleh Mas Zoni Meiza Failendra dari Kopma IST Akprind dengan moderator seksi acara anggota 2 dan di ruang kelas B diisi oleh Mas Johan Satori dari kopma IST Akprind dengan moderator seksi acara anggota 4. Selesainya acara pemberian materi tersebut seluruh peserta melakukan ISHOMA dan MCK.
Pukul 19.00 wib seksi acara mengkoordinasikan seluruh peserta di dalam aula untuk persiapan, pembagian kelompok dan mengabilan undian tema pentas seni. Setiap kelompok harus membuat yel – yel. Pukul 20.00 wib seluruh peserta diklatsarkop dikondisikan di aula membentuk lingkaran besar sebagai persiapan penyalaan lilin untuk penukaran kado silang antar peserta yang lain,setelah kado silang dilakukan pensi oleh masing-masing kelompok. Setelah pentas seni dilakukan dilakukan permainan antar panitia dan peserta yang dipimpin oleh Mas Rahmat Niwa, pada pukul 11.00 peserta dipersilahkan untuk istirahat.
Keesokan harinya seluruh peserta diklatsarkop dibangunkan pukul 04.00 wib untuk mendirikan sholat subuh. Selanjutnya setelah selesai sholat subuh seksi acara mengkondisikan seluruh peserta diklatsarkop untuk mempersiapkan pakaian dan sepatu olahraga. Sekitar pukul 05.30 wib olahraga gembira dimulai yang dipandu oleh seksi acara anggota 4 dibantu beberapa panitia yang lain. Acara ini berlangsung selama satu jam dan peserta dipersilahkan untuk sarapan pagi. Setelah itu Outbond di mulai krang lebih dengan durasi dua jam. Peserta di persilahkan untuk MCK selama satu jam dan dilanjutkan dengan Materi Kopma KITA Acara setelahnya adalah sosialisasi HKMY dan FKKMI. Sosialisasi HKMY dan FKKMI penutup kegiatan dan akhirnya penutupan pun telah tiba,alhamdulilah semua berjalan dengan lancer,terima kasih.
Kendala
a. Kurang cepat dalam survey tempat sehingga banyak tempat yang sudah dipesan
b. Kurang terkoordinirnya personil acara sehingga hanya satu acara yang menghendel.
c. Turun hujan pada waktu pensi akan dimulai sehingga pensi di adakan di dalam aula dan api unggun tidak dinyalakan
3. Susunan Acara
| Sabtu, 27 November 2010 | |
| Waktu | Kegiatan |
| 06.30-07.00 | Berkumpul+absensi peserta |
| 07.00-08.00 | perjalanan ke lokasi |
| 08.00-08.30 | pembagian kamar+persiapan |
| 08.30-09.30 | pembukaan |
| 09.30-10.15 | Dinamika Kelompok |
| 10.15-11.45 | Materi Perkenalan koperasi |
| 11.45-12.45 | ISHOMA |
| 12.45-14.15 | Materi Enterpreneurship |
| 14.15-15.45 | Materi Berani Berbicara |
| 15.45-16.00 | ISHO |
| 16.00-17.30 | Materi Peran Serta Anggota |
| 17.30-19.00 | ISHOMA |
| 19.00-20.00 | Persiapan Api Unggun |
| 20.00-22.00 | Api unggun dan pensi |
| 22.00-04.00 | Sleep in the bad |
| Minggu, 28 November 2010 | |
| 04.00-05.00 | Bangun dan Shalat subuh |
| 05.00-05.30 | Kebugaran Jasmani |
| 05.30-07.00 | Makan Pagi |
| 07.00-10.00 | Outbond |
| 10.00-10.30 | Kopma Kita |
| 10.30-11.00 | Sosialisasi HKMY+FKKMI |
| 11.00-12.00 | Penutupan |
| 12.00-… | Go Home |
4. Saran
a. Mengadakan survey tempat minimal 1 bulan
b. Bila ada yang tidak bisa hadir pada hari H diharapkan ada penggantinya
c. Bila menggunakan bus yang lebih dari satu diusahakan berangkat bersama.
d. Dalam pembuatan konsep acara harus tetap ada plan A dan plan B, atau bahkan plan C karena sesuatu yang tidak diinginkan bisa terjadi.
e. Lebih di tingkatkan komunikasi dan koordinasi antar setiap seksi, khususnya seksi acara
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI PDD
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND, STTA DAN STIKMA
· Sebelum pelaksanaan diklatsarkop
Memperisapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan oleh seksi PDD mulai dari pesanan blocknote, stiker dan backdrop. Untuk pamflet dan co-card panitia dari seksi PDD membuat desain sendiri dan di print dari luar. Sertifikat pembicara dan peserta diusahakan untuk desain sendiri, hanya membeli kertasnya untuk print sertifikat. Untuk co-card peserta dari seksi PDD sepakat menggunakan kertas asturo dan dipotong – potong. Sebelum hari H semua pesanan sudah diambil. Jum'at sore backdrop dibawa ke Griya Pemuda Ambarbinangun dan yang lainnya membawa kamera digital baik dari kopma IST Akprind maupun kopma STIKMA dan dari STTA membawa handy camp.
· Hari H
Sebelum pemberangkatan seksi PDD mempersiapkan semua perlengkapan yang harus dibawa dan membantu seksi lain dalam mempersiapkan semua yang akan dibawa. Setelah sampai di Ambarbinangun perlengkapan sudah siap semua dan mulai mencicil untuk pembuatan sertifikat buat pemateri maupun peserta. kerja sama dari seksi PDD sudah baik semuanya berjalan dengan lancar ada yang mengambil gambar maupun pembuatan dalam sertifikat. Dan sertifikat pun bisa langsung dibagikan ke peserta setelah acara selesai. Demikian untuk sie PDD
Tabel pengeluaran seksi PDD
- NK / AP 150 12 x @4.000 : Rp. 48.000,00
- OD / H2O 4K 1 set : Rp. 120.000,00
- Keling : Rp. 5.000,00
- LV 260 2x @4.500 : Rp. 9.000,00
- Cromo : Rp. 36.000,00
- Pembuatan Bloknote : Rp. 160.000,00
- Sampul : Rp. 75.000,00
- Stempel : Rp. 25.000,00
- Plastik id card 30 x @5.00 : Rp. 15.000,00
- 1 rol tali kar biru tua : Rp. 4.500,00
- 4 M tali kar biru tua : Rp. 1.600,00
- 4 set peniti 13 x @600 : Rp. 2.400,00
- 2 penghapus w.b deluxe : Rp. 4.000,00
Pembelian kertas sertifikat :Rp. 31.000,00 +- Jumlah Rp. 563.700,00
Kendala dari sie PDD
Kurangnya komunikasi dengan sekertaris maupun seksi acara sehingga terjadi banyak kesalahan nama dalam pembuatan sertifikat dan harus mengulang-ulang pembuatannya.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI PERKAP
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND, STTA DAN STIKMA
· Sebelum pelaksanaan diklatsarkop
Memperisapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan oleh seksi Perkap. Satu hari sebelum hari H kita survey tempat dan mempersiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan
· Hari H
Sebelum pemberangkatan seksi Perkap mempersiapkan semua perlengkapan yang harus dibawa dan membantu seksi lain dalam mempersiapkan semua yang akan dibawa. Setelah sampai di Ambarbinangun perlengkapan sudah siap, tetapi karena kurang koordinasi sama seksi acara sehingga ada perlengkapan Outbond yang kurang tetapi semuanya sudah lengkap.
Kendala :
a. Ada sedikit kekurangan dalam penyiapan peralatan sehingga dalam acara ada kekurangan perlengkapan.
b. Kurangnya koordinasi dengan sie acara sehingga pas hari H masih adanya kekurangan untuk perlegkapan buat Outbond.
Pengeluaran :
Perkap
Perlengkapan :
· Marmer (plakat) 2 buah @Rp. 40.000 : Rp. 80.000,00
· Tinta blue print black 100ml : Rp. 30.000,00
· Baterai ABC kecil 1set : Rp. 5.400,00
· Print gambar @Rp. 2.000 : Rp. 4.000,00
· Online : Rp. 1.500,00
· Isi ulang air : Rp. 4.000,00
· Transport bensin : Rp. 10.000,00
· Kayu bakar @Rp. 5.000 : Rp. 40.000,00
· Minyak tanah : Rp. 10.000,00
· Penghapus 2 buah @Rp. 2.000 : Rp. 4.000,00
· DVD 4 keping @Rp. 1.800 : Rp. 7.200,00
· Bola pingpong 5 @Rp. 3.000 : Rp. 15.000,00
· Tinta spidol : Rp. 9.600,00
· Snowman @Rp. 4.800 : Rp. 14.400,00
· Kertas plano buram 21 lembar : Rp. 9.500,00
· Snowman kecil 6 @Rp. 800 : Rp. 4.800,00
· Lem glukol kecil 6 @Rp. 600 : Rp. 3.600,00
· K B C muda 2 lembar @Rp. 1.300 : Rp. 2.600,00
· Kertas asturo gradasi 21 lembar @Rp. 2.000 : Rp. 52.000,00
·
Amplop merpati kecil 1pak : Rp. 4.500,00 +
Jumlah Rp. 312.100,00
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI HUMAS
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND,STTA DAN STIKMA
· Sebelum pelaksanaan diklatsarkop
Sebelumnya dari seksi kehumasan itu sendiri kita mengajukan proposal dan surat-surat undangan ke pemateri, ke masing-masing kopma maupun ke yang lain. Dari seksi kehumasan juga selain itu ikut berperan dalam survai tempat untuk DIKLATSARKOP ini.
· Hari H
Didalam pelaksanaan pada hari H itu sendiri dari seksi kehumasan Alhamdulillah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai sebagai tugas dari humas, salah satunya menjemput para pemateri maupun yamh lainnya.
Kendala :
a. Kurangnya koordinasi antar personil sehingga ada kerepotan dalam menyampaikan proposal maupun surat-surat undangan
b. Dalam penyebaran proposal maupun undangan banyak yang telat dikarenakan jadinya proposal dan undangan telat.
Pengeluaran :
Daftar Catatan Pengeluaran Keuangan
Humas dan Tempat
- Pengeluaran Humas Transport : Rp. 20.000,00
- Biaya Lain – Lain : Rp. 30.000,00
- Sewa Bus Aspada : Rp. 350.000,00
- Sewa Bus Kampus : Rp. 75.000,00 +
Jumlah Rp. 955.000,00
Dari 19 proposal sponsorship yang di masukan yang tembus ada 9 proposal yaitu meliputi:
- Kepatihan
- Harian Jogja
- Warnet 3A
- Toko Merah
- Caterine Clothing
- Rumah Makan Cak Ali
- Supardi
- White Board Batik
- Brawijaya Batik
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI TEMPAT
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND,STTA DAN STIKMA
· Sebelum pelaksanaan dklatsarkop
Sebelum pelaksanaan, dari seksi tempat itu sendiri mempersiapkan dan mencari lokasi untuk diklatsarkop dengan bekerja sama dengan seksi kehumasan untuk survey tempat di beberapa lokasi yang ada.
· Hari H
Didalam pelaksanaan di hari H itu sendiri dari seksi tempat yaitu mempersiapkan tempat untuk berlangsungnya kegiatan yang telah dilaksanakan, salah satunya yaitu membersihkan kamar, aula maupun yang lainnya walaupun semuanya di bantu oleh seksi-seksi yang lain.
· Hasil Survey dari seksi tempat:
1. Kulonprogo kecamatan Menorah
2. Ambarbinangun
- harga per bad Rp. 4.000,00
- Aula Rp. 100.000.00
- Konsumsi
- Membayar kebersihan dan keamanan Rp. 100.000,00
- Dengan dana total kurang lebihnya Rp. 2.000.000,00
3 . Youth Center
- Aula AC Rp. 300.000,00 / hari
- Kelas AC Rp. 150.000,00 / 40 kursi
- Kelas Biasa Rp. 75.000 / 40 kursi
- Hotstel Rp. 7.000,00 / orang
- Barak Rp. 5.000 / orang
- Lapangan Rp. 1.000 / orang
- Dengan dana total kurang lebihnya Rp. 3.000.000,00
4. Kali urang
Kendala
· Adanya personil yang tidak hadir sehingga ada kerepotan, tetapi masih bias di bantu oleh seksi yang lain.
· Kurangnya koordinasi sehingga dalam survey tempat tidak bisa ikut semua.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI KONSUMSI
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND,STTA DAN STIKMA
· Sebelum pelaksanaan diklatsarkop
Memperisapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan oleh seksi Konsumsi dari snack,tisu, makan dan yang lainnya. Sebelum hari H kita mempersiapkan dan mengecek tempat satu hari sebelum hari H, untuk masalah konsumsi tidak begitu repot karena bias langsung pesan di tempat yang buat diksar hanya buat snack yang pesan di luar tempat.
· Hari H
Sebelum pemberangkatan seksi Konsumsi mempersiapkan konsumsi buat acara pembukaan dan setelah itu mempersiapkan untuk makan siang maupun selanjutnya. Meskipun dari seksi konsumsi kurang personil tetapi semuanya masih bisa di hendel. Dan semuanya berjalan dengan lancar dan terima kasih.
Kendala
1. Kesalahan prediksi dari tamu undangan menyebabkan kesalahan jumlah order.
2. Kurangnya dana menyebabkan kesulitan memilih menu.
Konsumsi
- Makan
- I = 75 x @4.500 : Rp. 337.500,00
- II = 65 x @5.500 : Rp. 337.500,00
- III = 65 x @4.500 : Rp. 292.000,00
-
IV = 70 x @4.500 : Rp. 315.000,00 +
: Rp. 1.302.500,00
- Snack
- Peserta & Panitia
67 x @2.000 : Rp. 134.000,00
- Pembicara & Undangan
: Rp. 166.200,00
· Air minum
- Galon = 5 x @4.500 : Rp. 20.000,00
- Gelas : Rp. 11.500,00
-
Botol = 11 x @2.000 : Rp. 22.000,00 +
: Rp. 53.500,00
·
Tisu = 2 x @3.750 : Rp. 7.500,00 +
Rp. 1.529.700,00
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKSI KEAMANAN
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND,STTA DAN STIKMA
Untuk seksi keamanan itu sendiri untuk peserta dan panitia semuanya tidak ada kejadian yang seperti tidak di inginkan semuanya berjalan dengan lancar, dari seksi keamanan itu sendiri bekerja di bantu sama teman-teman juga dalam tugas jaga malam,namun ada yang tidak diketahui dari seksi keamanan itu sendiri yaitu dari pihak undangan dan panitia ada yang kehilangan helm karena di taruh di motor. Semua berjalan dengan lancer dan berjalan dengan aman.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN P3K
DIKLATSARKOP KOPMA IST AKPRIND,STTA DAN STIKMA
Selama kegiatan berlangsung semuanya berjalan dengan lancar, tidak ada yang sakit yang parah, walaupun ada masih bisa teratasi dengan obat seadanya, sehingga dari puhak P3K bisa membantu seksi-seksi yang lain yang membutuhkannya. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik dan sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar